Senin, 25 April 2011

Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan Terhadap Diri Sendiri

 Banyak sekali orang-orang merasa gelisah terhadap dirinya sendiri, bisa gelisah terhadap masalah yang di hadapinnya. Kegelisahan bisa terjadi karena diri sendiri merasa tidak percaya diri dan terjadi karena gelisah di buat oleh diri sendiri. contohnya gelisah untuk menghadapi ujian, kegelishan itu terjadi karena tidak ada kepercayaan diri untuk mengadapi ujian.

Adapun bentuk-bentuk kegelisahan yang ada di dalam diri manusia yaitu:
1. Keterasingan.
Terasing, diasingkan atau sedang dalam keterasingan sudah ada sejak puluhan bahkan ribuan tahun lamanya. Dimana terasing pada dasarnya dapat didefinisikan sebagi bentuk kehilangan eksistensi diri yang disebabkan tidak adanya pengakuan tentang keberadaan kita “secara hakikat” atau dengan kata lain merasa tersisihkan dan termarjinalkan oleh diri sendiri dan orang lain dalam pergaulan atau mayarakat. Keterasingan disebabkan oleh dua faktor, yaitu (1) Faktor intern, atau fakor yang berasal dari dalam diri sendiri seperti merasa berbeda dengan orang lain, rendah diri dan bersikap apatis dengan lingkungan. (2) Faktor ekstern, yaitu faktor yang berasal dari luar diri. Faktor ini pun bias bersumber pad afaktor yang pertama.

Penyebab kegelisahan yang ada di dalam diri manusia disebabkan mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar